MONEY MANAGEMENT

MONEY MANAGEMENT

TIPS BELAJAR MONEY MANAGEMENT

Story by : Indri Dwi
Category at: MONEY MANAGEMENT
Published : February 04, 2021
Dilihat: 1180 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Trading adalah bisnis dan dalam bisnis tentu ada resikonya. Berapapun besar modal kita, tentunya kita ingin membatasi besarnya resiko yang mungkin terjadi. Belajar memahami pengendalian resiko dengan benar adalah kunci sukses untuk menghasilkan profit yang konsisten dalam jangka panjang. Banyak trader pemula yang account-nya “babak belur” karena tidak menerapkan Money Management dengan disiplin, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali tentang money management.

Untuk bisa sukses dalam trading futures, tak hanya perlu strategi mantap, melainkan juga dibutuhkan Money Management (MM). Apa itu Money Management? Yuk kita bahas

Money Management adalah tata kelola dana dalam akun trading kita. Hal ini mencakup berapa besar lot di setiap posisi trading, berapa jarak antara harga entry (open position) dengan Stop Loss (SL) dan target profit kita, serta berapa jumlah maksimal posisi trading yang akan kita buka dalam satu waktu bersamaan.

Lalu, kemampuan mengelola keuangan dan menangani resiko dalam trading dapat mencegah anda dari kerugian total adalah sebagai berikut:

  • Position Sizing

Komponen ini merupakan cara menghitung besarnya lot yang akan anda gunakan pada setiap transaksi. Perhitungannya didasarkan pada risk per trade serta stop loss yang anda tetapkan.

Misalnya:

Anggap saja risk per trade yang anda tetapkan adalah 5%, sehingga nilai per sesi trading adalah $100. Kemudian, anda melakukan transaksi buy untuk pair EUR/USD dengan harga beli 1.23300. Kemudian, stop loss anda tetapkan di harga 1.22800 (500 pip). Karena menggunakan MT4 dengan presisi harga 5 digit, maka stop loss tersebut sebenarnya adalah 50 pip dalam presisi 4 digit. Maka besarnya lot yang anda gunakan adalah $100/50 = $2 per pip ($50 pertama untuk nilai trading per sesi dan $50 kedua untuk stop loss.

  • Risk Per Trade

Seperti namanya, risk per trade adalah persentase resiko yang dapat anda tanggung untuk setiap kali transaksi. Persentase tersebut dihitung dari semua modal yang anda miliki, dan tidak ada ketentuan baku berapa persen resiko ideal.

Misalnya:

Modal keseluruhan yang anda miliki adalah $1000, dan anda hanya mampu mentolerir resiko sebesar 5% per sesi trading, maka nilai yang dapat anda perdagangkan setiap trading adalah $50. Kalaupun anda loss, masih ada cadangan modal untuk sesi trading berikutnya.

  • Profit-Loss Trading

Komponen ini menggambarkan akurasi sistem trading yang anda gunakan. Manfaatnya adalah untuk menentukan perbandingan sesi profit dan sesi loss anda saat trading. Misalnya, Dalam 10 kali trading, ada loss 6 kali, dan profit 4 kali. Artinya, profit-loss trading anda adalah 40%.

Apa kegunaannya? Jika pada contoh kasus ini, resiko loss lebih tinggi dari pada peluang profit, maka daya tahan anda di arena trading akan ditentukan oleh Risk-Reward Ratio, seperti dijelaskan berikut.

Money Management Harus Bisa Mengendalikan Emosi Kita

Faktor penting lainnya dalam trading adalah keterlibatan emosi. Kedua hal tersebut saling mempengaruhi dan jika tidak dipahami dengan benar, akan membawa efek negatif dalam trading. Money Management yang buruk bisa menghancurkan trading kita, demikian pula emosi yang tidak terkendali. Misalnya, jika kita kurang memahami Money Management sehingga selalu loss pada setiap posisi trading kita, maka akan sulit bagi kita untuk tidak melibatkan emosi saat trading.

RECOMMENDATION FROM EXPERT 

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari INDRI silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait