MONEY MANAGEMENT

MONEY MANAGEMENT

Mengenal Lebih Dekat TradingView dan Tips Menggunakannya Bagi Pemula

Story by : Danuh Nuraga
Category at: MONEY MANAGEMENT
Published : May 31, 2023
Dilihat: 643 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

TradingView menggabungkan real-time chart, indikator teknis, peringatan lintas platform, dan jejaring sosial. Semua layanan tersebut tersedia dan dapat di akses melalui website, aplikasi desktop, atau aplikasi seluler dan tablet.

Banyak trader dan technical analyst yang memanfaatkan TradingView dengan banyak fitur yang dimiliki untuk menciptakan lingkungan yang seharusnya memudahkan pengguna dalam pengambilan keputusan dan strategi trading yang terinformasi secara mendalam.

Pada saat Anda menampilkan grafik untuk aset kripto atau saham tertentu, Anda juga dapat melihat berita yang relevan dengan aset tersebut melalui platform ini. Selain itu, Anda juga dapat menikmati chat room publik yang dirancang untuk komunitas aset tersebut.

 

Kelebihan dan Kekurangan Tradingview

Mengenal Lebih Dekat TradingView dan Tips Menggunakannya Bagi Pemula
Sumber: Freepik

Sebagai salah satu platform social trading, tradingview Memiliki kelebihan dan kekurangan. kelebihan dan kekurangan pada tradingview ini bisa jadi pertimbangan bagi anda untuk melakukan analisis trading melalui platform trading view ini. berikut kelebihan dan kekurangan tradingview untuk Anda ketahui.

 

Kelebihan Tradingview

Tradingview memiliki kelebihan yang bisa anda rasakan sesaat mendaftar di platform tersebut. Seperti yang kita ketahui, tradingview bisa digunakan dalam mode free dengan fitur gratis yang terbatas. Berikut kelebihan tradingview yang bisa Anda rasakan manfaatnya.

  • Harga Paket Terjangkau

           Tradingview dapat diakses melalui aplikasi maupun melalui web dengan tools dan dengan fitur serupa.

  • Menyediakan Analisis Teknikal

Kelebihan dari tradingview adalah mampu menyediakan platform analisa teknikal dari berbagai pasar dengan dukungan alat pelengkap. Alat-alat tersebut seperti pilihan time frame, indikator, pola chart, dll.

  • Terdapat Layanan Gratis

Platform trading view memfasilitasi penggunanya dengan berbagai fitur dasar yang bisa menggunakan pengguna aktif secara gratis. Sementara itu trader yang ingin memanfaatkan semua fasilitas secara optimal juga tersedia pilihan biaya langganan. Biaya langganan tradingview berkisar US$ 14,95 hingga US$ 59,95 per bulan atau sekitar Rp 215.000 hingga Rp 862.000 tergantung tipe layanan.

  • Tempat Untuk Berdiskusi

Trading trading tidak hanya platform untuk menganalisis pergerakan harga di pasar tetapi juga dimanfaatkan sebagai tempat diskusi dengan para trader di seluruh dunia.

  • Menyediakan Alat Trading Yang Lengkap

Untuk menunjang kinerja para trader maka tradingview menawarkan berbagai alat trading yang bisa di bookmark untuk mendapatkan info pasar terbaru seperti berita hingga performa sebuah aset.

  • Memiliki Sistem Pembuatan Skripsi Sendiri

Tradingview memiliki sistem pembuatan script sendiri bernama paint editor, sehingga semua member Bisa menciptakan trading otomatis atau indikator sendiri.

  • Bisa Menguji Strategi

Kelebihan dari trading file lainnya adalah bisa menguji strategi di mana strategi trading yang terpasang pada chart melalui fasilitas strategi tester.

  • Memiliki Fitur Alerts

Fitur ini berfungsi sebagai pengingat Jika harga mencapai level target tertentu maka sangat terbantu untuk para trader Saat ingin melakukan trading.

 

Kekurangan Tradingview

Selain dari kelebihan tradingview, ada juga kekurangannya. Kekurangan tradingview ini bisa merugikan anda sebagai trader pemula karena akan ada beberapa hal yang menghambat anda untuk bisa mempelajari dunia trading. Berikut kekurangan tradingview yang bisa anda ketahui.

  • Memicu FOMO

Pemula yang baru terjun akan kebingungan apabila banyak trader yang memberi masukan berbeda-beda serta pendapat yang mungkin bertentangan.

  • Berbayar

Walaupun ada banyak fitur gratis pada tradingview namun jika anda ingin naik level, Maka anda perlu membayar beberapa fitur yang dibutuhkan.

  • Broker Terbatas

Kelemahan lainnya dari tradingview adalah terbatasnya Broker yang bekerjasama dengan platform ini. Selain itu data dari pasar modal broker juga dinilai kurang akurat dan sering mengganggu aktivitas para anggota.

 

Fitur yang Dimiliki Tradingview

Mengenal Lebih Dekat TradingView dan Tips Menggunakannya Bagi Pemula1
Sumber: Freepik

Tradingview memiliki beberapa fitur yang bisa membantu penggunanya dalam menganalisa dan belajar tentang trading. fitur-fitur pada tradingview ini bisa didapat jika anda member berbayar ataupun member gratis. Apa saja fitur dari tradingview.

  • Chart Harga
  • Market Screener
  • Heatmaps
  • Server Side Alerts
  • Indikator Teknikal
  • Komunitas

 

Cara Menggunakan Tradingview

Cara menggunakan tradingview ini bisa memandu Anda untuk melihat atau menganalisis kripto maupun saham. Agar lebih jelas seperti apa penggunaan tradingview, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mendaftar di halaman resmi tradingview. Untuk mendaftar tradingview Anda bisa memilih “get started” di pojok kanan atas. lalu akan muncul tampilan yang memuat berbagai paket yang bisa dibeli. Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Jika Anda belum memiliki cukup budget maka bisa mencoba terlebih dahulu dengan mengklik “try free basic” untuk mencoba fitur-fitur tradingview gratis.

Jika sudah mendaftarkan diri maka anda bisa langsung menggunakan fitur-fitur tradingview sesuai dengan jenis paket yang dipilih. Anda perlu mengetahui bahwa masing-masing paket menawarkan fitur yang berbeda juga.

Pada tampilan awal tradingview terdapat menu yang bisa dipakai seperti chart, market, screener dan Community. Jika Anda memilih menu live stream maka akan muncul berbagai sesi kelas online yang bisa diikuti kapan saja.

Menu “trade ideas” adalah tempat dimana anda bisa berdiskusi terkait dengan strategi yang dipakai dan mendapatkan feedback dari trader ataupun investor.

“Chart analysis” dan “Beyond Technical Analysis” dipakai untuk melihat Analisis terhadap kondisi perdagangan berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan. Namun jika anda ingin membuat indikator custom maka bisa gunakan menu scripts.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait