MONEY MANAGEMENT

MONEY MANAGEMENT

Tips Money Management untuk Pemula agar Keuangan Aman!

Story by : Hadi J
Category at: MONEY MANAGEMENT
Published : December 07, 2022
Dilihat: 296 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Apa yang kamu butuhkan agar keuangan kamu aman? Penghasilan yang besar? Bukan. Kamu butuh money management.

Sebenarnya apa itu Money Management? Mengapa penting agar keuangan aman? Money management merupakan cara seseorang untuk mengatur keuangannya.

Tanpa money management, biasanya keuangan kamu tidak akan terkontrol dengan baik. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatur money management?

Saya akan membagikan tips money management. 

Langkah sederhana membuat money management adalah mengaplikasikan aturan 50/30/20. Aturan ini paling banyak banyak di anjurkan pakar finansial planning.

Mengapa aturan ini sering di rekomendasikan? Jawabannya sederhana. Karena prinsip aturan ini sangat mudah.

Apa itu aturan 50:30:20? Maksud aturan ini ialah membagi pengeluaranmu berdasarkan tiga kategori utama. Kategori pertama, sebesar 50%. Kategori kedua, sebesar 30. Ketegori ketiga, hanya 20%.

Kategori pertama merupakan kebutuhan penting. Jadi alokasikan 50% dari pendapatanmu untuk membayar tagihan bulanan dan kebutuhan pokok. Misalnya seperti listrik, belanja bulanan, cicilan, serta biaya transportasi.

Kategori kedua merupakan kebutuhan sekunder. Kamu bisa mengalokasikan sebesar 30% dari budget keuangan untuk disisihkan sebagai dana fleksibel. 

Nah, kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan yang tidak esensial tapi kamu inginkan. Misalnya seperti kebutuhan untuk membeli sepatu, membeli baju, menonton bioskop, traveling, dan lainnya. 

Kategori ketiga merupakan kebutuhan jangka panjang. Kamu bisa alokasikan sebesar 20% dari penghasilkan untuk digunakan mencapai tujuan finansial, seperti tabungan, investasi, dan asuransi. Jadi kamu punya dana yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan terdesak dan memenuhi impianmu.

Tips money management dengan aturan 50:30:20 bisa diterapkan untuk para pemula. Ingat aturan ini sederhana. 

Setelah kamu bisa menerapkan aturan ini, nanti kamu bisa menambahkan dengan aturan yang lebih kompleks. Atau ketika penghasilan kamu jauh lebih besar, kamu bisa memiliki ruang yang cukup untuk membaginya dengan kategori yang lebih kompleks.

Tips money management berikutnya gunakan aturan 40/30/20/10. 

Pembagiannya bisa, sebesar 40% dari gaji bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan, 20% untuk investasi, dan 10% untuk donasi. 

Aturan ini secara khusus memasukan unsur donasi atau sedekah sebagai porsi yang tiap bulan bisa kamu keluarkan. Apakah aturan ini berat?

Sebenarnya tergantung pribadi masing-masing. Apakah kamu bersedia menyisihkan 10% untuk donasi. Secara pribadi saya menyarankan agar kamu belajar berdonasi.

Saya percaya donasi tidak membuat kamu kehilangan uang. Donasi justru membuka keran rezeki kamu. Ya, kamu boleh percaya, boleh tidak.


Artikel Terkait